-->

Cara Efektif Untuk Merawat Layar Sentuh Smartphone Anda.


21 Cara Efektif Untuk Merawat Layar Sentuh Smartphone Anda.



Walaupun kini sudah banyak layar smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur layar Gorilla Glass yang dikenal sebagai teknologi layar terkuat dan anti gores saat ini.

Tetap saja masih banyak smartphone yang belum menggunakan teknologi layar terbaru ini sehingga diperlukan perawatan pada layar agar bisa tetap berfungsi optimal.

Namun anda juga tetap harus melakukan penggunaan yang baik dan perawatan pada layar smartphone anda.

Karena pada faktanya, teknologi layar Gorilla Glass pun masih belum sempurna, karena masih bisa mengalamk kerusakan. Maka dari itu silahkan simak cara untuk merawat layat sentuh smartphone anda:

1. Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Hal ini disebabkan kontak langsung sinar matahari terhadap touchscreen smartphone akan dapat menyebabkan kerusakan pada layar smartphone yakni akibat dari keberadaan komponen tipis dalam bentuk gel dalam layar sentuh yang dapat rusak apabila terkena paparan sinar matahari langsung. Selain itu juga dapat menurunkan kualitas dari layar LCD nya.

2. Sebaiknya Matikan Layar Apabila Tidak Dipergunakan.

Pasalnya apabila layar sentuh dibiarkan menyala saat tidak dipergunakan, maka dapat menyebabkan berkurangnya intensitas dari komponen emisi cahaya serta kualitas warna yang dimiliki oleh smartphone anda.


3. Jangan Terlalu Keras Dalam Menekan Layar.

Hal ini biasanya sering terjadi saat anda sedang bermain game ataupun menjalankan aplikasi. Dan bila hal ini terjadi secara terus menerus, maka lambat laun akan menyebabkan layar sentuh pada smartphone anda akan menjadi rusak. Tak hanya itu, hal ini juga memungkinkan bagian LCD juga akan mengalami kerusakan.

Jangan Terlalu Keras dan Jangan  Gunakan Kuku Saat Menyentu Layar Smartphone
Jangan Terlalu Keras dan Jangan
 Gunakan Kuku Saat Menyentu Layar Smartphone

4. Jangan Memakai Kuku Untuk Menekan Layar.

Sebaiknya anda perhatikan tangan anda, sekaligus pastikan bahwa kuku pada jari jari anda tidak akan berpotensi untuk merusak layar sentuh pada smartphone anda.
Sebab Kuku yang tajam, keras serta panjang dapat merusak layar smartphone anda.


5. Bersihkan Layar Smartphone Secara Berkala.

Sebaiknya anda membersihkan layar sentuh anda secara rutin, karena hal ini dapat menghindarkan dari kerusakan pada layar, serta dapat menghilangkan dari berbagai kotoran dan juga debu yang menempel.

Caranya cukup dengan bersihkan secara rutin layar smartphone anda memakai kain yang lembut atau juga bisa memakai tissue yang bertekstur halus. Akan lebih bagus apabila anda memakai kain khusus, yaitu menggunakan kain microfiber untuk membersihkannya.


6. Pakailah Pelindung Layar (Screen Protector)

Hal Ini bertujuan untuk menjaga layar sentuh smartphone anda tetap dalam kondisi yang bersih dari debu, serta dari sentuhan langsung tangan anda dan juga dari kotoran.

Pakailah Pelindung Layar (Screen Protector)  Hal Ini bertujuan untuk menjaga layar sentuh smartphone anda tetap dalam kondisi yang bersih dari debu, serta dari sentuhan langsung tangan anda dan juga dari kotoran.   Gunakan Pelindung Layar
Gunakan Pelindung Layar


7. Jauhkan Smartphone dari Medan Magnet.

Berhati-hatilah apabila anda menggunakan smartphone anda saat terlalu sering berdekatan dengan benda bermedan magnet. Sebab hal ini dapat memicu terjadinya kerusakan pada smartphone dan layar sentuhnya, selain itu juga dapat mengakibatkan tingkat sensitivitas pada layar smartphone menjadi berkurang.


8. Pakai Casing Smartphone.

Pelindung smartphone yang dimaksud disini bisa berupa casing maupun flip aksesoris yang tujuan sama yakni untuk mencegah layar smartphone bergesekkan terutama pada saat memasukkan smartphone ke dalam kantong celana, maupun dimasukkan ke dalam tas agar tetap awet dan juga tidak mudah rusak secara fisik.

Selain itu, pelindung smartphone ini juga dapat meminimalisir kerusakan pada saat smartphone anda terjatuh.

pakai casing, casing cantik, casing bagus
Gunakan Casing 


9. Simpan Smartphone Di Suhu Normal.

Smartphone dengan fitur layar sentuh memiliki suhu pengoperasian yakni dari suhu 0° hingga 30° celcius dan untuk tingkat kelembaban tempat penyimpan dan smartphone harus sekitar 5 persen.

Kondisi suhu yang ekstrim seperti suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin akan dapat menyebabkan kerusakan yang cukup fatal pada layar smartphone serta pada komponen-komponen penting yang terdapat dalam smartphone itu sendiri.


10. Jauhkan Smartphone Dari Jangkauan Anak-anak

Menjauhkan smartphone dari jangkauan anak-anak anda sangatlah penting dilakukan karena dapat mengakibatkan berbagai kesalahan fatal yang tak terduga terjadi pada handphone anda.


11. Jauhkan Layar Smartphone Anda Dari Kotoran.

Sebaiknya anda menyimpan smartphone anda di tempat yang jauh dari kotoran dan atau apabila kotor, silahkan bersihkan terlebih memakai kain lembut seperti kain pembersih kacamata, atau kain lembut lainnya.


12. Jangan Disimpan Pada Saku Celana Yang Ketat

Sebaiknya anda menghindari untuk meletakkan smartphone berlayar sentuh anda di kantong atau saku celana yang terlalu ketat, karena juga dapat merusak layar karena terlalu sering tertekan.


13. Hindarkan Smartphone Dari Benturan.

Selain goresan juga perlu anda hindari. Benturan juga perlu anda hindari karen selain benturan pada smartphone dapat merusak bentuk serta tampilan pada layar smartphone, benturan pada juga akan dapat merusak sistem dan juga fitur andalan dari smartphone anda.


14. Hanya Pergunakan Jari Tangan dan Stylus.

Sebaiknya anda tidak memakai peralatan lain untuk menyentuh maupun mengoperasikan smartphone berlayar sentuh. Dan silahkan menggunakan jari tangan anda untuk melakukan tap, drag dan berbagai aktifitas pengoprasian smartphone lainnya.

Dan apabila pada smartphone anda tersedia Stylus seperti pada Samsung Galaxy Note 5, ataupun pada Sony Xperia Z Ultra, maka anda dapat menemukan pencil. Maka anda dapat menggunakan alat tersebut sebagai alternatif pemakaian tangan dalam pengoprasian smartphone anda.


15. Jangan Menggunakan Smartphone Sambil Mengisi Daya Baterai.

Memang saat paling nyaman untuk bermain game online ataupun chatting adalah sambil mengisi daya, akan tetapi hal ini justru akan masalah bagi anda bila sering dilakukan. Masalah teraebut bisa berupa Touchscreen smartphone anda akan menjadi sering error, dan sering terjadi input yang tak akurat maupun tingkat sensitifitasnya menjadi berkurang.


16. Cobalah Aktifkan Batas Waktu Hidup Layar.

Sebaiknya anda tidak mengatur layar untuk hidup dalam tempo waktu yang terlalu lama. Dan Anda juga dapat dengan mudah untuk menentukan waktu yang akan memengaruhi pada daya baterai agar tidak cepat habis.


17. Aturlah Kalibrasi Layar Android .

Dalam hal ini Anda akan bisa menguji kalibrasi serta mengatur tingkat dari sensitifitas touchscreen smartphone anda agar saat anda memakai smartphone anda tak akan menemui proses yang terlalu lambat atau cepat dalam merespon dari perintah yang dilakukan oleh jari anda.


18. Hindarkam Layar Smartphone Dari Minyak.

Sebaiknya anda melindungi layar smartphone anda agar tidak bersentuhan dengan keringat maupun minyak secara langsung sebab akan mengotori layar karena sifatnya yang mampu membuat debu menempel.


19. Hindarkan Layar dari Listrik Statis

Untuk penggunaan bagian layar anda perlu berhati-hati dan bila perlu anda harus menghindarkannya dari sumber-sumber pemicu munculnya listrik statis, sebab layar smartphone anda dapat mengalami sebuah kebocoran apabila terlalu sering mengalami kontak langsung dengan listrik statis. Maka dari itu, hal ini juga menjadi salah satu manfaat menggunakan pelindung layar smartphone yang berbahan kulit. Karena hal ini akan membantu anda dalam melindungi layar anda dari kontak langsung dengan listrik statis.

20. Perlakukan Smartphone Dengan Baik.

Ini adalah cara inti untuk menjaga smartphone anda khususnya pada bagian touchscreen yakni dengan cara menjaganya dan memperlakukan smartphone anda dengan baik dan hati-hati.

bersihkan layar agar tetap bersih
bersihkan layar agar tetap bersih


21. Pastikan Smartphone Anda Selalu dalam Kondisi Bersih.

Anda harus sering melakukan perawatan dan pembersihan pada smartphone anda agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Sebelum anda menyentuh layar smartphone sebaiknya dalam tangan anda dalam keadaan bersih, karena apabila tangan anda kotor maka noda dari tangan anda akan berpindah dan menumpuk pada layar smartphone dan hal ini akan menjadikan layar sentuh smartphone anda menjadi tidak focus terhadap input sentuhan tangan.

66 Responses to "Cara Efektif Untuk Merawat Layar Sentuh Smartphone Anda."

  1. mantap , jadi tau bagaimana merawat layar hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya gan, makasih juga udah bersedia mampir :D

      Delete
  2. tips nya lengkap nih, makasih mas ijin praktekin soalnya hp ane kemarin aja pecah layarnya :)

    ReplyDelete
  3. Kalo di Simpan di kantong celana terus bisa menyebabkan kerusakan juga ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, ntar kan pass lagi jalan screennya juga bisa jadi kegores gan meski cepat apa lambat prosesnya :)

      Delete
  4. layar ane malah sering terpapar sinar matahari scr langsung. tp skrang udah tau akibatnya... Sangkyu gan, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe samasama gan, makasih juga udah mampir :D

      Delete
  5. Hh ane sering kena air. Ngerusak gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih gan, tapi tergantung hp nya juga :D

      Delete
  6. Mantap mang tipsnya..
    apalagi buat hp jadul saya nokia n8. jhehehe.
    entahlah kalo android

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja mah gan walo itu nokia ataupun android, yang pentingkan punya layar juga mah, wkwkw

      Delete
  7. makasih mas ane mau rawat deh baik baik layar nya kalo nggak gk bisa liat apa apa....

    ReplyDelete
  8. wah lengkap banget gan tips nya thanks udah share gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe samasama gan, makasih juga udah mampir :v

      Delete
  9. Bermanfaat banget gan ,salam blogger

    ReplyDelete
  10. wah sangat pas sekali sama pikiran saya

    ReplyDelete
  11. wkwk layar hp ane pernah hampir rusak :D

    ReplyDelete
  12. komplit infonya mantap gan kalo saya pake screen protektor gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake screenprotector pun juga bisa kegores mah gan, walo waktunya nunggunya harus lama, wkwkwkw

      Delete
  13. huhu baru tau kalo pake kuku ga disarankan buat layar sentuh.. soalnya aneh sering iseng2 pake kuku

    ReplyDelete
  14. kalo ane,walau udah gorilla glass masih aja dilapisi pelindung,biar doble aman hehe

    ReplyDelete
  15. pantesan hape qu bisa pecah Toch screen nya

    ReplyDelete
  16. Bagus sekali tipsnya gan.......

    ReplyDelete
  17. wkwk yg no 15 selalu ane lakuin
    moga aja nih hp ga 'ngambek' :v
    makasih sob dah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama gan, sering-sering mampir diblog ane yang baru ini yee :D

      Delete
  18. Replies
    1. weiss makasih banyak gan, makasih juga udah mau mampir diblog sederhana ane ini :D

      Delete
  19. mantep banget nih artikel lengkapnya cara merawat hp layar sentuh,
    mantep betul juga nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih banyak gan, udah mau nyempatin waktunya untuk mampir diblog ane yang simple dan sederhana ini, walaupun blog ane baru , hehehe :D

      Delete
  20. Oke gan pengetahuan baru bagi saya. cukup lengkap ulasannya tentang merawat hp layar sentuh

    ReplyDelete
  21. ane pernah nonton video di yusup, ada smartphone meledak, nah itu penyebabnya kira" apa yya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karna pass lagi dicharger malah dimainkan bro, kan kalo lagi dicas gitu baterynya cepet panas gitu (y) apalagi main game same ngecas tu, bahaya amat dah dampaknya (y)

      Delete
  22. Replies
    1. samasama gan, makasih juga udah mau mampir diblog ane ini :v

      Delete
  23. siph gan thanks ya keren
    .,.,.,.,.,. ..

    ReplyDelete
  24. ooh gitu ya caranya, pantesan layar hp we cepet rosak, ternyata ini ni artikelnya praktekin ah dirumah ^_^

    ReplyDelete
  25. pake anti gores gan penting banget :D

    ReplyDelete
  26. nice info gan, ternyata cukup muad merawatnya

    ReplyDelete
  27. terimak kasih banyak atas tutorialnya gan..
    cocok banget buat ane yang suka kasar pakek smartphone :v

    ReplyDelete
  28. waaah keren juga nih gan tipsnya boleh ini di praktekin di handphoen ane

    ReplyDelete
  29. hhmm, gimana nih smartphone gw sering ditaro di atas kulkas (kulkas kan mengandung magent)

    ReplyDelete
  30. wah nice gan, biar hp lebih awet hehe :D

    ReplyDelete

PERATURAN BERKOMENTAR :
✔ Relevan
✔ Sopan
✖ Link Aktif
✖ Spam
✖ Diluar Topik / OOT !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel