Tahapan Menjadi Blogger Sejati

Blogger adalah sebutan bagi seseorang (personal/pribadi) ataupun kelompok yang menggunakan dan mengelola blog. Situs untuk Blogger adalah www.blogger.com. Menjadi seorang blogger yang sejati tentunya tidak mudah. Memang, perlu pengorbanan dan kerja keras serta tekad yang tinggi. Tidak setengah-setengah dalam menggunakannya. Saya sendiri pun mengakui belum menjadi blogger yang sejati. Yang dimaksud di sini blogger yang sejati ini adalah blogger yang selalu menuangkan pikirannya, kreativitasnya, tulisannya, serta waktunya untuk mengelola blog tersebut agar menjadi blog yang tidak hanya muncul postingan, tetapi juga muncul ide-ide baru yang inovatif di antara kalangan blogger lainnya. Tentunya, itu tidak setiap waktu. Tetapi, minimal unsur-unsur itulah yang bisa menjadikan blogger yang sejati.


Berikut ini fase-fase atau tahapan bila ingin menjadi blogger yang sejati berdasarkan pengamatan saya selama ini.

1. Fase pertama (Masa Para Blogger Memulai Dunia Blogging)
Pada fase ini, si Blogger biasanya setelah membuat blog, kemudian membuat postingan 2-3 kali, kemudian berhenti. Lha, berhenti ini umumnya cukup lama. Blogger pun belum cukup tau betul bagaimana membuat blog anda terlihat menarik dan banyak dikunjungi. Ya, karena memang belum sampai situ. Hehehe....Pada fase ini pula, biasanya, Blogger membuat postingan dengan mengandalkan media "CoPas". Ini memang sudah menjadi tradisi Blogger Indonesia. Judul blog yang dibuat blogger pertama kali juga terkadang "berlebihan" bahkan "lebay".

2. Fase kedua (Masa Para Blogger Mengembangkan Blognya)
Fase ini bisa dibilang berlangsung cukup lama. si Blogger ingin terus dan terus mencari tau tentang dunia blog. Fase ini pun menunjukkan Blogger terus membenahi blognya agar terlihat menarik. Biasanya, si Blogger sering ganti-ganti template, menambahkan gadget/widget yang bisa dibilang nggak penting sama sekali. Hal itu terjadi secara wajar. Saya dulunya juga begitu. Banyak perubahan yang dilakukan Blogger dalam fase ini. Memang, namanya juga perkembangan, di mana mereka (para Blogger) ingin mengembangkan dan membenahi blognya agar lebih menarik. Tradisi "CoPas" masih berlangsung.

3. Fase ketiga (Masa Para Blogger Mengubah Kesalahan Menjadi Pengalaman)
Ha, pada fase kedua memerlukan waktu yang cukup lama disebabkan terus dan terus mencari tau tentang dunia blog. Setelah melewati fase kedua, ilmu-ilmu yang sudah digali oleh Blogger itulah yang akan menjadi pengalaman. Karena, dalam fase kedua, tidak semua Blogger akan lancar dalam mengolah blog-nya akan menjadi menarik. Pasti ada hambatan, rintangan dan kesalahan. Rintangan dan kesalahan itulah yang akan dijadikan pengalaman oleh Blogger di fase ketiga ini. Pada fase ini, si Blogger menuliskan postingan lewat pikiran dan kreativitasnya. Tetapi, postingan-postingan itu belum tentu menciptakan ide baru di dunia Blogger. Fase ini tidak menampik masih adanya tradisi "CoPas". si Blogger pun meskipun sudah berpengalaman masih harus belajar lagi untuk bisa mengupgrade kemampuan bloggingnya agar bisa masuk kategori fase keempat. Apakah itu?

4. Fase keempat (Masa Para Blogger Mendalami Dunia SEO)
Ini adalah fase terakhir dalam dunia blog. si Blogger sudah tau betul tentang dunia blog. Blogger pun sudah bisa menuangkan pikiran dan kreativitasnya untuk menciptakan ide baru lewat postingan-postingannya. Meskipun, ada yang belum sempurna. Dalam fase ini, sudah tidak ada lagi gadget/widget yang nggak penting dan bisa dibilang lelucon dalam blognya. Blogger sudah mengetahui mana simple mana yang sifatnya lebay/berlebihan. SEO terkenal dengan blognya yang simple, tidak berat dan loadingnya cepat. Tradisi "CoPas" sangat sedikit sekali. Umumnya, para Blogger sudah handal dalam menciptakan ide baru. Bahkan, pada masa kini aja, tidak sedikit Blogger yang sudah bisa membuat template sendiri. Yang pasti, juga kreativitas sendiri. Contohnya, adalah +Mas Sugeng+Maskolis, +Kang Ismet dan masih banyak lagi. Itu semua karya mereka sendiri yang patut kita acungi jempol. 

Di mana kedudukan sobat sekarang sebagai pengguna blog? Pastinya bisa mengira-ngira kan?
Tentunya, dari postingan saya di atas, untuk menjadi Blogger sejati itu jangan berhenti di tengah jalan.

Intinya, Blogger yang mendalami dunia SEO itu sudah pasti berpengalaman, tetapi Blogger yang merasa berpengalaman belum tentu bisa SEO. Jadi, itulah 4 tahapan yang harus dilalui jika ingin menjadi blogger yang sejati. Memang sulit? Tetapi, minimal tidak harus bisa seperti yang saya ceritakan tadi. Intinya, bagaimana kita bisa menciptakan hal-hal baru lewat postingan kita. Jangan sampai Blogger Indonesia ini merusak reputasi dunia blog tanah air.
Previous
Next Post »

11 komentar

Klik Disini Untuk komentar
21 December 2015 at 20:59 ×

waah artikelnya bikin semangat nih aq masih di fase ke 3 semoga sukses

Reply
avatar
Fabio Handi
admin
21 December 2015 at 20:59 ×

ane lagi di fase kedua nih gan

Reply
avatar
21 December 2015 at 21:00 ×

sy lagi di fase yg mana ya? hehe

Reply
avatar
21 December 2015 at 21:02 ×

kebanyakan masalah saya kalau gak dapat penghasilan jadi males

Reply
avatar
21 December 2015 at 21:40 ×

aku masih tahap ke dua :(

Reply
avatar
21 December 2015 at 21:54 ×

mungkin saya masih yang pertama gan ^_^

Reply
avatar
Kconk Bogger
admin
21 December 2015 at 22:02 ×

Klo yg sekedar hobi ngeblog masuk yg mana gan -_-

Reply
avatar
22 December 2015 at 04:01 ×

mungkin saya masih tahapan kedua

Reply
avatar
Heru Satria
admin
26 December 2015 at 20:40 ×

Saya mungkin udah masuk ke masa blogger mendalami SEO. Hehehe... :-)

Reply
avatar
26 December 2015 at 21:26 ×

Kalau saya sih sedang mendalami SEO hehe, kalo kenal blog sebenernya dah lama jadi fase 1 dan 2 dah lewat haha

Reply
avatar
Kaharuddin M
admin
2 January 2016 at 16:16 ×

Ane masih fase 0 hahhaa

Reply
avatar

PERATURAN BERKOMENTAR :
✔ Relevan
✔ Sopan
✖ Link Aktif
✖ Spam
✖ Diluar Topik / OOT ! ConversionConversion EmoticonEmoticon